Kebiasaan setiap hari yang mempengaruhi kesehatan pada manusia!


Tanpa kita sadari, kebiasaan-kebiasaan kita setiap hari akan membawa pengaruh bagi kesehatan kita. Mari kita kenali kebiasaan-kebiasaan kita tersebut dan perhatikan apa yang terjadi...

Kebiasaan Buruk :
  1. Menonton TV sambil tiduran :kata orang, menonton TV sambil tiduran menyebabkan penurunan fungsi pada mata kita. Padahal efek yang lebih buruk lagi ketika kita menonton TV sambil tiduran (terutama apabila leher/kepala diganjal dengan bantal) adalah terjadinya pengapuran di sekitar tengkuk dan bahu yang menyebabkan tulang leher sakit, perubahan morfologi atau bentuk tubuh pada manusia (bungkuk), susah tidur pada jangka panjang, bahkan disfungsi ereksi pada pria.
Solusinya :
  1. Tentunya dengan mengubah kebiasaan tersebut. Menonton TV dengan posisi duduk pastinya lebih aman ketimbang dalam posisi tiduran.
  2. Apabila sudah terjadi pengapuran di sekitar tengkuk dan bahu (yang ditandai dengan leher sering sakit/tengeng) harus segera ditangani dengan benar. Yaitu dipijat&diurut dari arah batang otak dibawa ke bawah sampai punggung . Juga dari batang otak ke arah bahu, sampai terasa nyaman dan gejala sakitnya berkurang.
  3. Untuk lebih amannya lagi, pemijatan harus dilakukan oleh tenaga ahli pijat getar saraf yang sudah berpengalaman (Komunitas MASSETO tentunya!).
Komunitas MASSETO (Masyarakat Sehat Tanpa Obat) memberikan pelayanan masyarakat setiap Selasa dan Jumat mulai pukul 19.00 s/d 22.oo WIB di Balai Kelurahan Purwodinatan, Jl KH. Agus Salim Semarang. (Sebelah timut Pasar Johar, masuk gang sebelah Gedung Plasa Semarang).

bersambung...

Oleh :
M. Maulia Mansuri
Terapis Pijat Getar Saraf & Senam Ergonomik
Master MASSETO Semarang